Berkarakter, Berwawasan, Beriman
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku menarik diri (withdrawl) pada siswa SMAN Kesamben Jombang. Dalam penelitian ini, pemahaman perilaku menarik diri yang digunakan peneliti didasari oleh pendapat Al-Mighwar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah seorang siswa di kelas X Mipa 3 SMAN Kesamben Jombang, yang teridentifikasi memiliki perilaku menarik diri (withdrawl). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa subyek penelitian memiliki perilaku menarik diri berupa suka mengasingkan diri atau menyendiri, suka melamun, apatis terhadap aktivitas sekolah, sangat sensitif, dan mudah tersinggung. Penyebab subyek menarik diri adalah subyek tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan tidak dapat mengatasi rintangan atau tekanan yang ada di sekitarnya. Perilaku menarik diri yang dialami subyek penelitian lebih nampak di lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perilaku menarik diri (withdrawl) yang dialami subyek penelitian, apabila berlangsung lama dapat menghambat perkembangan subyek terkait perkembangan sosialnya, karena salah satu tugas perkembangan yang harus dicapai oleh subyek di masa SMA adalah dapat mencapai hubungan yang baru dan lebih matang dengan teman sebaya.
Komentar (0)